Semangat Edamame

  • 0
Hari senin.. apa sih yang di pikirkan ketika hari senin ? kerja.. kerja.. Biasanya sih smua berpikiran, "ya senin lagi.. uh.. males banget". Hilangin semua pikiran itu biar kita g seperti itu... Kalo berpikiran seperti itu terus ya kita mesti akan tersugesti seperti itu... Ah bikin capek pikiran ja kalo mikirin kyak tadi... hidup itu harus di nikmatin.. Sebesar apapun permasalahan yang dihadapi tetap harus di hadepin bro. Lari dari masalah g menyelesaikan masalah... 
Jadilah kayak pegadaian yang bunyinya : 
" MENGATASI MASALAH TANPA MASALAH "
 ==============================================

Ada satu pertanyaan di kepala yang mulai kemaren yang bikin pusing... apa sih perbedaan dari kacang kedelai sama kacang kedelai EDAMAME ?? ( :D g nyambung ama paragraf pertama tulisan bro :D )
nih pertanyaan mulai sabtu s/d senin masih belum tau perbedaanya.. Awal mulanya sih pas hari sabtu kmaren saya di kasih kacang edamame sama istri.

Istri : nih yah kacang edamame.. kalo laper makan ini ja dikit ntar g laper lagi.
Saya : masa' bisa kenyang bun, kalo makan dikit.(dalem ati " kalo banyak mesti kenyang" )?
Istri :  lho bisa kok malah kalo pengen diet jga bisa (sambil nunjuk perut saya )
Saya : ah bisa aja ( sambil malu-malu )

Dan dari obrolan itu pun akhirnya saya brangkat kerja sama istri dan sepanjang perjalanan masih kepikiran apa hubungan kacang edamame sama perut saya dan apakah kacang edamame itu masih sepupu sama kacang kedelai ? 
  Ternyata EDAMAME merupakan kacang kedelai asli jepang dan telah di kenal luas di dunia seperti di negara Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Indonesia maupun di Amerika Serikat (negara bagian Hawaii). Edamame atau kedelai hijau merupakan kerabat dari kacang kedelai. Perbedaannya terletak dari warna dan ukuran, dimana kedelai hijau ini relatif lebih besar dan hijau. Edamame merupakan kacang yang belum matang di dalam polong. Cara terbaik memanen Edamame seperti memanen  pucuk daun teh, yaitu menggunakan tangan. Tujuannya agar dapat merasakan polong edamame yang padat, yang berarti telah matang dan siap untuk di panen.
  Cara memasak edamame cukup mudah, yaitu dengan menambah kan garam secukupnya. Garam bisa di tambahkan pda saat merbus atau sesudah merebus kacang edamame. Selain direbus, kacang edamame jga bisa di kukus atau menggunakan microwave.

Edamame merupakan kacang dengan kandungan protein yang tinggi dan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Pada saat dipanen, edamame memiliki kandungan tripsin inhibitor, ologisakarida yang tidak dapat dicerna yang rendah, juga mengandung lebih banyak vitamin bila dibandingkan dengan kacang kedelai yang sudah dikeringkan 
(Rackis,1978 dalam Konovsky, 1994). Tripsin merupakan enzim pankreas untuk memecah peptida menjadi asam-asam amino sehingga dapat dengan mudah untuk diserap tubuh.

Konsumsi kacang kedelai dan produk kedelai dapat mengurangi resiko kanker, dan radang yang merupakan manfaat dari isoflavon. Isoflavon dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL di dalam darah. Isoflavon termasuk kelompok polifenol, yang bermanfaat pula sebagai antioksidan (Ponnusha, et al., 2011)
.Sumber gizi

Dan di indonesia sendiri ada beberapa produsen kacang hijau menyehatkan ini yang telah mengekspor produknya sampai ke jepang. Diantaranya PT.Mitra Tani Dua Tujuh yang berada di kabupaten tetangga yaitu jember, industri ini terletak di Desa Mangli, Jember, Jatim, mampu menghasilkan 3.000 ton/tahun. Edamame yang telah beku tersebut kemudian di ekspor ke jepang (90%) dan sisanya ke negara Singapura, Taiwan, Malaysia dan Belanda.

Jadi tau kan kenapa makan edamame menyehatkan dan enak.. kandungan gizi nya cukup tinggi dari pada kacang kedelai biasa. Ya mungkin besok kalo ada waktu bisa langsung ke jember buat beli edamame nya,..

Istirahat dulu ya.. udah malam.. lanjut besok lagi... SEMANGAT!!!!!!!! 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar